Translate | Please Select Your Language


6 PENEMU yang Terbunuh oleh Temuannya

[​IMG]

Jakarta Kehidupan seorang penemu tidaklah mudah. Anda harus terlebih dahulu mempunyai ide untuk memecahkan masalah yang tidak terpikirkan sebelumnya. Kemudian Anda harus merancang dan membuktikan ide Anda itu nyata. Bila sesuatu yang salah terjadi atau penemuan tidak bekerja sebagaimana yang diinginkan, penemu bisa tewas oleh ide-ide mereka sendiri. Berikut 6 penemu yang tewas oleh temuan mereka dilansir dari iflscience.com

1. Henry Smolinski

Henry Smolinski adalah seorang insinyur yang menciptakan mobil terbang. Pada tahun 1973, Smolinski merancang dua prototipe pertama mobil terbangnya yang dibuat dengan menggabungkan bagian belakang pesawat Cessna Skymaster. Sayang, saat ia mencoba menerbangkan mobil terbang tersebut, ia tewas bersama sang pilot.

[​IMG]

2. Franz Reichelt

adalah seorang penemu asal Prancis kelahiran Austria. Ia bekerja sebagai penjahit tetapi menghabiskan waktu luangnya untuk membuat parasut terbang. Reichelt merancang parasut Kitty Hawk pada tahun 1903. Tes pertama ia lakukan dengan menggunakan boneka. Tetapi ketika ia mencoba mengetes sendiri parasut pada dirinya sendiri dengan melompat dari menara Eiffel, parasut tak bisa mengembang. Ia menghantam tanah dengan keras dan tewas seketika.

[​IMG]

3. Horace Lawson Hunley

merupakan seorang insinyur kelautan konfederasi selama Perang Sipil Amerika. Ia mengembangkan rancangan kapal selam yang mudah digerakkan. Sayang, pada tanggal 15 Oktober 863 ia bersama tujuh awak kapal tewas ketika kapal selam mereka tenggelam di Perairan Charleston.

[​IMG]

4. Thomas Jr. Midgley

dikenal dengan temuannya bensin bertimbal dan Freon gas rumah kaca. Ia tewas oleh temuannya pada tanggal 2 November 1994 karena tercekik dan terjerat tali tabung gas.

[​IMG]

5. Marie Curie

Marie Curie dikenal sebagai ahli fisika dan kimia yang terkenal dengan karyanya tentang radioaktivitas. Ia menemukan unsur polonium dan radium dan bertanggung jawab terhadap penemuan Teori Radioaktivitas. Curie meninggal pada tanggal 4 Juli 1934 karena anemia aplastik disebabkan paparan radiasi.

[​IMG]

6. Valerian Abakovsky

dikenal sebagai penemu asal Rusia yang menemukan mesin berkecepatan tinggi Aerowagon Train. Ia merancang mesin pesawat dan baling-baling. Saat uji coba membawa pejabat ke Soviet dari Moskow, Aerowagon tergelincir dan menewaskan Abakovsky bersama lima orang lainnya.

Tampak jelas bukan, hidup menjadi seorang penemu tidak mudah. Namun, tanpa pengorbanan mereka mungkin kita tidak semaju sekarang.

Misteri di Balik Keeksotisan Gunung Kelimutu

[​IMG]
Yang namanya mitos atau misteri itu udah pasti sebagian orang percaya, dan bukan berarti yang lainnya juga harus percaya, namanya misteri biarlah menjadi misteri hehe. Tapi terlepas dari mitosnya, pemandangan di Gunung Kelimutu itu indah banget deh.

Cerita misteri yang dipercaya sama warga di sekitar gunung itu tentang adanya dua danau, Tiwu Nuwa Muri Ko'ofai yang berwarna biru muda dan Tiwu Ata Polo yang berwarna biru toska. Misteri yang beredar tentang danau itu, konon jika kedua danau menyatu maka yang akan terjadi dunia segera berakhir alias kiamat, ngeri juga ya? Dan atas kekuasaan Tuhan diantara dua danau itu dari dulu ada pembatasnya, semacam tebing yang katanya sih semakin ke sini semakin menipis, ga setebal dulu lagi, dan itu membuat warga pada khawatir.

Penduduk di sana yang percaya akan misteri tersebut meyakini dua danau itu merupakan tempat tinggal arwah nenek moyang. Untuk danau yang berwarna cerah terisi oleh arwah-arwah orang yang baik hati, sementara satunya lagi diisi oleh arwah-arwah para penjahat, maka ga seharusnya keduanya menyatu. Percaya atau engga, masa iya sih harus dibuktiin dulu? Ntar kalo kejadian bener siapa yang tanggung jawab?

Misteri KERJA OTAK Dominan PRESIDEN Indonesia

[​IMG]

1. Presiden Soekarno

Presiden pertama RI Soekarno sangat istimewa, dia bisa menggunakan otak kiri dan kanan dengan sangat sempurna.

Hal ini bisa kita lihat pada gagasan besar tentang falsafah dasar negara dan ide brilian tentang berbangsa dan bernegara yang merupakan hasil kerja otak kiri.

Namun, sejarah juga menunjukkan betapa besar peran Presiden Soekarno terhadap karya seni, kemanusiaan, dan intuisi tajam, serta kreativitas yang menakjubkan.

2. Presiden Soeharto

Presiden kedua Soeharto lebih banyak menggunakan otak kiri.

Saat memerintah selama 32 tahun, ia lebih mengedepankan pendekatan logis dan penalaran dibandingkan pendekatan intuisi dan kreativitas.

Beberapa pelanggaran kemanusiaan dan kasus korupsi di masa pemerintahannya juga membuktikan otak kanannya tidak begitu dominan.

3. Presiden BJ Habibie

Presiden ketiga BJ Habibie jelas lebih banyak menggunakan otak kiri sebagai seorang yang berlatar belakang ilmuwan dan teknokrat yang memang terlatih otak kirinya.

Maka, pencapaiannya selama menjabat presiden juga lebih dominan ke arah ilmu pengetahuan dan teknologi (terutama pesawat terbang), sedangkan intuisi dan seni tidak begitu menonjol.

4. Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Presiden keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) jelas dominan menggunakan otak kanannya.

Beberapa keputusan dan ucapannya sering sulit diterima oleh nalar.

Belum lagi sifat kesehariannya yang humanis, melindungi minoritas dan intuitif serta kemampuannya memprediksi kejadian masa depan.

5. Presiden Megawati Soekarnoputri

Presiden kelima Megawati Soekarnoputri juga lebih cenderung menggunakan otak kanan dibandingkan otak kiri.

Namun tidak seperti bapaknya, Presiden pertama Indonesia Soekarno yang bisa menggunakan otak kiri dan kanan dengan sangat sempurna, sebagai anak Soekarno, Megawati lebih cenderung menunjukkan ekspresi dan emosi dibandingkan ide yang berlian dan kreatif.

Sebagai presiden wanita, Megawati sering menutup diri dan kurang komunikasi dengan masyarakat termasuk bila ada hal yang menyinggung perasaannya.

6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono, lebih banyak menggunakan otak kiri.

Dia sangat detail dan membutuhkan penalaran yang cermat sebelum memutuskan sesuatu, hal kemudian tampak sebagai sifat ragu-ragu dan lambat dalam mengambil keputusan penting.

Ini berbeda dengan Habibie yang juga dominan otak kiri, tetapi lebih cepat dan tanggap dalam merespons setiap permasalahan penting. Sedangkan SBY sangat hati-hati dan lambat, suatu kekurangan yang sekaligus menjadi kelebihannya.

7. Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden ketujuh Joko Widodo, lebih banyak menggunakan otak kanan dibanding otak kiri. Ini tampak dari kegemarannya blusukan untuk memahami masalah masyarakat dan membangun komunikasi langsung dengan masyarakat.

Bersentuhan langsung dengan rakyat menggugah emosi dan intuisi Jokowi untuk menyelesaikan masalah secara cepat dan langsung.

Namun, ada hal yang belum tampak dari peran otak kanan yaitu munculnya ide besar dan kreativitas tentang berbangsa dan bernegara. Penampilan Jokowi yang sederhana dan memikat banyak orang belum ditunjang “ide besar dan kreativitas tinggi” yang menunjukkan kesempurnaan otak kanan seorang presiden terpilih.

Beruntung Jokowi punya wakil presiden terpilih Jusuf Kalla yang kemampuan otak kanan dan kirinya berimbang sehingga bisa menutup kekurangannya.

Otak kanan lebih banyak berfungsi untuk intuisi, menggambar, emosi, kreativitas, mengenali warna, dan fokus pada hal global. Otak kiri lebih berfungsi untuk berbahasa, logika, berpikir kritis, penalaran dan menghitung, dan fokus pada satu titik. Singkatnya seorang yang dominan otak kiri akan menjadi ilmuwan, otak kanan cenderung menjadi seniman.

Kita membutuhkan presiden dan wakil presiden yang mampu mengoptimalkan otak kanan-kiri secara bersamaan dan bersinergi untuk memecahkan persoalan bangsa yang kompleks dan rumit ini, serumit misteri susunan otak manusia yang belum banyak terpecahkan.

7 Cara MAKHLUK Lain Berkomunikasi Dengan Manusia

[​IMG]

Logis atau tidak, kekuatan supranatural memang ada. Bahkan tidak sedikit orang yang mengalami pengalaman aneh ini. Apalagi di Indonesia, hal-hal yang berbau misteri selalu menjadi subjek perbincangan yang menarik. Tapi sadarkah kamu bahwa dunia lain sebenarnya ingin eksis di dunia kita? Berikut adalah tujuh cara yang digunakan oleh makhluk lain untuk berkomunikasi dengan kamu sebagaimana dikutip brilio.net dari India Times, Senin (24/8).

1. Berkedipnya bohlam
Ahli fisika meyakini bahwa kekuatan supranatural dari makhluk lain mampu memanipulasi kekuatan listrik. Jika kamu melihat lampu bohlam yang berkedip bisa jadi setan atau makhluk sedang berusaha berkomukasi dengan kamu.

2. Perubahan suhu yang tiba-tiba
Keadaan ruangan yang terlalu panas atau dingin dengan tiba-tiba harus diwaspadai. Bisa jadi tempat tersebut memang banyak penghuni dari dunia lain selain dunia manusia.

3. Suara dan musik
Hal yang paling familiar yang dialami orang saat bertemu hantu adalah adanya suara dan bunyi-bunyian yang aneh. Bisa jadi suara anak kecil atau bisikan-bisikan suara aneh merupakan tanda bahwa ada makhluk supranatural yang ini berkomunikasi dengan kamu.

4. Wangi-wangian
Tidak hanya bunyi, ternyata setan mencoba berkomunikasi dengan wangi-wangian. Jika kamu melewati suatu tempat dengan bau yang sangat wangi atau anyir, bisa jadi ada setan yang sedang mencoba berhubungan dengan kamu.

5. Foto
Jika kamu mengambil gambar dengan kamera digital, bisa saja kamu mengambil gambar makhluk asing alias orbs. Ahli fisika memahami bahwa fenomena ini bukan karena masalah pada lensa atau fokus, akan tetapi memang ada makhluk yang terekam saat pengambilan gambar.

6. Sentuhan
Hal yang paling menakutkan adalah ketika kamu tiba-tiba disentuh oleh makhluk asing. Sentuhan seperti terkadang sangat berat atau bisa jadi sangat ringan bagi sebagian orang. Selain itu, sentuhan seperti ini membuat bulu kuduk berdiri.

7. Bayangan misterius
Saat memasuki lorong atau ruangan, biasanya sering muncul bayangan yang bergerak. Bisa jadi memang ada makluk lain yang sedang berkontak dengan kamu.

PENEMUAN Kura-Kura Misterius Menyeramkan

[​IMG]

Seekor kura-kura dengan bentuk tak wajar ditemukan di tepi Sungai Armur, Leninskoye, Rusia. Kura-kura itu memiliki tampang menyeramkan dengan cangkang tajam.

Kura-kura itu pun dijuluki sebagai kura-kura dinosaurus. Sebagaimana dilansir Mirror, Sabtu (4/7/2015), foto hewan itu sempat nongol di dunia maya. Banyak yang menyebut foto itu adalah hasil editan.

Namun, setelah muncul video mengenai kura-kura dinosaurus itu para netizen percaya hewan itu benar adanya dan bukan rekayasa. Video itu menampilkan warga setempat yang hendak mengembalikan kura-kura itu ke sungai. Butuh usaha keras agar hewan unik itu bisa kembali ke sungai.
Anastasia menjelaskan kulit kura-kura itu kasar dan tajam seperti buaya. Hewan itu berukuran cukup besar kemungkinan memiliki bobot sekitar 175 pon atau sekira 80 kilogram.

Anastasia dan warga setempat mengaku belum pernah mengetahui kura-kura dinosaurus di kawasan Sungai Armur. Dia pun meyakini hewan unik itu memiliki kawanan di Sungai Armur.

MISTERI Kekuatan BAMBU Runcing Pada Perang Kemerdekaan

[​IMG]
“Adalah setengah mitos,” jawab Nasution dalam Bisikan Nurani Seorang Jenderal, “di minggu-minggu pertama merdeka maka rakyat dengan bambu runcing seakan-akan pagar betis menjadi kekuatan untuk memaksa pejabat di kantor, lingkungan, pabrik, dan lain-lain agar taat kepada RI. Tapi, pada pertempuran real, bambu runcing itu lebih banyak jadi senjata semangat.”

Di beberapa daerah, terdapat monumen bambu runcing. Ini melengkapi glorifikasi sejarah nasional yang dibangun Orde Baru bahwa merebut dan mempertahankan kemerdekaan seolah hanya melalui perjuangan bersenjata. Padahal perjuangan politik dan diplomasi juga memainkan peran penting.

Menurut R.H.A. Saleh dalam Mari Bung, Rebut Kembali!, bambu runcing mulai dikembangkan semasa pendudukan Jepang, yang terkenal dengan sebutan takeyari. Senjata ini digunakan untuk menghadang pasukan payung musuh yang diterjunkan dari udara. Tentara Jepang juga melatih laki-laki dan perempuan cara menggunakantakeyari, yang kalau digunakan biasanya dibarengi teriakan keras dan pekik kemarahan. “Seperti layaknya seorang prajurit dengan senapan yang bersangkur,” tulis Saleh.

Latihan bahaya udara digiatkan terutama ketika Jepang kian terdesak Sekutu. Rakyat dilatih perang-perangan. Sawah-sawah dipasangi bambu runcing untuk merintangi penerjunan tentara musuh.

Namun, bambu runcing pula yang digunakan pejuang Republik untuk menghadapi Jepang. Tak hanya para pejuang dari kelaskaran yang menggunakan bambu runcing. Sebagian besar anggota Badan Keamanan Rakyat (BKR) juga menggunakan bambu runcing. Maklum, setiap kesatuan BKR –menjadi Tentara Keamanan Rakyat pada 5 Oktober 1945– hanya memiliki senjata api tidak lebih dari satu persen, terutama dipegang para komandan.

“Dengan senjata bambu runcing itu, mereka mencari bedil,” tulis Slamet Muljana dalamKesadaran Nasional Volume 2.

Ini antara lain dilakukan Hizbullah di Magelang ketika menyerbu butai Jepang yang menjadi gudang senjata. Dari sinilah mereka mendapatkan senjata.

[​IMG]

“Menyerbu dengan bambu runcing di tangan?” tanya KH Saifuddin Zuhri, dalam otobiografinya Guruku Orang-orang dari Pesantren.


Rupanya Jepang mendarat di pantai laut dekat Eretan, langsung menuju Subang dan akhirnya mengancam Kalijati juga. Belanda pun menyerah, dan Jepang menguasai Jawa. Strategi bambu runcing yang sebelumnya dipakai oleh Belanda justru dimanfaatkan oleh pihak Jepang. Bambu runcing kemudian dijadikan alat latihan baris-berbaris para pemuda Seinendan, Keibodan, Gakutotai, Hizbullah dan lain-lain. para pemuda dengan penuh semangat mempergunakan “takeyari” ini untuk ditunjukan kepada musuh Jepang yakni sekutu, termasuk Belanda.

Apakah berarti Belanda yang menggunakan bambu runcing pertama kali, lalu diadopsi oleh Jepang dan akhirnya pejuang kita? Untuk memahami sejarahnya, kita harus mengikuti kisah berikut ini, "Bambu Runcing Parakan."

Di daerah Parakan Temanggung, Jawa Tengah, hiduplah Kiai Subchi, seorang ulama yang sangat tawadhu dan dihormati masyarakat sekitar. Kiai Subchi tiap hari berkeliling kampung mengajar ngaji dan menjadi penyuluh pertanian. Bila ada satu persoalan, masyarakat sering mendatanginya untuk mencari solusi.

[​IMG]
Di tahun 1941, dia mengumpulkan para santri dan pemuda desa untuk mengadakan persiapan perang. Hadir dalam pertemuan tersebut Kiai Noer (Putera Kiai Subchi) dan lurah Masúd (Adik Kiai Subchi). Dalam pertemuan tersebut dibentuk pasukan Hizbullah-Sabilillah di bawah pimpinan Kiai Subchi sendiri.
Pasukan yang baru dibentuk ini mengalami kendala dalam hal persenjataan. Yang ada baru pedang, golok, klewang, keris, tombak dan sebagainya. Namun senjata-senjata ini pun terbatas dimiliki warga. Sebab itu, Kiai Noer mengusulkan agar pasukan yang bari dibentuk ini dipersenjatai dengan cucukan (Bambu yang diruncingkan ujungnya). Dengan alasan bambu mudah diperoleh di mana-mana dan mudah membuatnya. Selain itu, luka yang diakibatkan oleh tusukan cucukan juga lebih parah akibatnya sehingga sulit di obati.​
Usul ini akhirnya diterima secara mufakat. Hanya saja, menurut Kiai Subchi masih ada kendala, yakni bagaimana membuat rakyat bersemangat dan yakin jika hanya dengan bersenjatakan cucukan, bisa menghadapi musuh dan meraih kemenangan.
Peristiwa ini menimbulkan 'darah baru' atau semangat di kalangan pemuda saat itu dan yakin jika senjata baru ini memiliki keistimewaan yang dahsyat. Hal ini akhirnya menjadi satu “ritual” yang tidak dilewatkan, setiap ada pasukan baru dengan senjata cucukan, mereka pasti mendatangi Kiai Subchi untuk meminta doánya.
Setahun setelah firasat Kiai Subchi, Jepang pun datang dan pecah perang besar antara Belanda melawan Jepang. Pasukan Jepang pernah ingin menguasai Parakan, namun dihadang oleh Pasukan Bambu Runcing Kiai Subchi. Dan akhirnya Jepang pun mengurungkan niatnya ke Parakan dan meneruskan geraknya ke Wonosobo. Kabar keberhasilan pasukan cucukan Kiai Subchi menghalau pasukan Jepang ini menjadi buah bibir pasukan lainnya.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Magelang masih diduduki Jepang. Pasukan Hizbullah dari daerah Parakan dan daerah Kedu bersatu untuk mengusir Jepang dari Magelang. Dalam pertempuran tersebut Jepang terlihat sangat ketakutan menghadapi pasukan cucukan yang di pimpin Kiai Subchi. Hal ini menaikan pamor senjata cucukan atau Bambu Runcing.

Sejak itulah, seiring naiknya pamor cucukan, maka sosok Kiai Subchi pun menjadi terkenal. Apalagi pasukannya juga berhasil memukul mundur pasukan Gurkha dari Magelang hingga ke Semarang. Para pejuang kemerdekaan pun berduyun-duyun datang ke Parakan, lengkap dengan bambu runcingnya, untuk menemui Kiai Subchi dan meminta doá nya.​
Para pejuang itu datang dari Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta sampai kawasan Banyuwangi, dengan naik kereta api yang penuh sesak dengan bambu runcing. Sejak saat itu bambu runcing telah menjadi senjata Jihad Fii Sabilillah yang terkenal keampuhannya. Bambu Runcing yang dipakai Kiai Subchi sendiri menjadi legenda. Bahkan diminta oleh Museum ABRI untuk dijadikan koleksi bersejarahnya.

BOCAH 10 Tahun Dijadikan TUMBAL HIDUP


Seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun asal Nepal bernama Jeevan Kohar dibunuh untuk dijadikan tumbal. Pihak kepolisian pun meringkus 11 warga desa yang terlibat pembunuhan yang dinyatakan sebagai kasus pengorbanan nyawa manusia.
"Kami telah menangkap 11 orang, termasuk empat perempuan, atas pembunuhan seorang anak laki-laki berusia 10 tahun," kata polisi Distrik Nawalparasi, Nal Prasad Upadhyaya, sebagaimana dilansir News.com.au, Senin (27/7/2015).

Media lokal di Nepal melaporkan, ayah dari remaja yang sedang mengidap sakit tersebut membujuk putranya ke luar rumah dengan sebungkus biskuit dan uang sebesar 50 rupee atau sekira Rp10 ribu. Tersangka yang mengaku mendapat petunjuk dari seorang dukun kemudian menggorok leher anaknya. Menurut sang dukun, kesehatan putranya akan meningkat apabila dia melakukan hal itu.

Sementara seorang tersangka lain melaporkan bahwa putranya juga measalah kesehatan. Dukun memberi petunjuk bahwa penyakit anaknya harus disembuhkan dengan daging manusia. Para warga desa percaya anak itu dirasuki setan dan harus ditenangkan dengan daging manusia.

"Seluruh warga desa yang ditangkap mengatakan, anak laki-laki itu dibunuh sebagai korban manusia sebab mereka percaya dengan hal-hal mistis dan perdukunan. Namun, kami tidak bisa mengonfimasi apapun hingga investigasi kami selesai," kata Upadhyaya.

Penyembuhan melalui dukun dan hal-hal mistis merupakan sesuatu yang biasa terjadi di wilayah Himalaya terutama di pedesaan terpencil yang sulit mendapatkan akses ke fasilitas kesehatan.

MISTERI BATU Bleneng Yang Berdiri di Tol Cipali

Tol Cipali sudah resmi dibuka. Uji coba dilakukan sejak awal bulan Juni ini. Tol yang sudah diresmikan Presiden Jokowi ini sudah resmi dioperasikan sejak Jumat (26/6/2015).

Namun ada sesuatu yang lain yang menjadi misteri dari Tol Cipali ini. Tak lain, cerita legenda soal Batu Bleneng di Km 180. Batu misterius berukuran besar ini tampak mencolok bila Anda melintas di Cipali.

“Batu itu besar sekali, dan kelihatan banget,” jelas seorang pengguna Tol Cipali

Digambarkan , di lokasi itu terlihat bukit dipapas, sedang kanan kiri jalan tol dirapikan dengan dicor. Tapi batu misterius itu berdiri tegak di pinggir seolah tak tersentuh.

“Aneh juga sih itu semua sudah dicor, tapi ada batu gede seperti itu di situ. Kenapa nggak dihancurkan ya,” imbuhnya

Bila Anda melintas dari arah Jakarta ke Palimanan batu itu ada di sebelah kanan, tapi bila dari arah Cirebon ke Jakarta batu itu ada di sebelah kiri. Batu itu letaknya masuk di daerah Cirebon.

Bicara soal batu di Cipali itu, ada legenda di kalangan penduduk setempat. Konon katanya, percaya nggak percaya, batu itu tak bisa dipindahkan saat pembangunannya. Gambar batu bleneng itu pun sudah ramai beredar penampakannya.

Batu sudah diupayakan dibongkar tapi tak bisa bahkan dengan menggunakan alat berat. Entah alat yang terbatas atau mungkin saja, pihak pengelola sengaja menaruh batu itu sebagai hiasan jelang keluar gerbang tol Cipali.

Batu itu menurut cerita penduduk setempat dikenal sebagai batu Bleneng. Ada yang bilang batu itu peninggalan orang zaman dahulu sengaja ditaruh di situ karena menutup mata air yang bisa membuat banjir kawasan itu.

Ada lagi yang cerita batu itu tempat orang zaman dahulu bersemedi. Dan banyak lagi cerita lainnya. Di tempat batu itu juga pernah dipakai syuting acara misteri sebuah televisi.

Nah, persoalannya kini banyak yang mengaitkan urusan batu itu dengan urusan mistis dan aneh lainnya di Cipali. Lepas dari urusan soal mistis dan aneh lainnya, pastinya saat berkendara harus hati-hati. Siapkan kondisi, apalagi trek yang dilalui panjang dan jangan lupa berdoa.

MISTERI Dan KISAH Dibalik Danau QORUN

Hampir semua umat Islam di seluruh dunia, pernah mendengar kisah Qarun. Ia adalah seorang yang sangat kaya raya, dan hidup sezaman dengan Nabi Musa AS. Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, Qarun adalah anak dari paman Musa. Kisah Qarun ini secara lengkap dapat dilihat dalam surah al-Qashash [28] ayat 76-82.

Menurut situs wikipedia , Qarun adalah sepupu Musa, anak dari Yashar adik kandung Imran ayah Musa. Baik Musa maupun Qarun masih keturunan Yaqub, karena keduanya merupakan cucu dari Quhas putra Lewi. Lewi bersaudara dengan Yusuf anak dari Yaqub, hanya berbeda ibu. Silsilah lengkapnya adalah Qarun bin Yashar bin Qahit/Quhas bin Lewi bin Yaqub bin Ishaq bin Ibrahim.

Qarun dikenal sebagai orang yang sangat kaya. Kekayaannya membuat iri orang-orang Bani Israil. Karena kekayaannya itu pula, Qarun senantiasa memamerkan dirinya kepada khalayak ramai. Bahkan, begitu banyak kekayaan yang dimilikinya, sampai-sampai anak kunci untuk menyimpan harta kekayaannya harus dipikul oleh sejumlah orang-orang yang kuat. (Al-Qashash [28]: 76).

''Sesungguhnya Qarun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat.''

Sejumlah ulama mengatakan, yang dimaksud dengan lelaki yang kuat itu adalah diperkirakan tenaganya antara 10 sampai 40 lelaki di masa kini. Hal ini dikarenakan, kunci-kuncinya sangat berat dan tempat untuk menyimpan harta kekayaan Qarun sangat besar.

Qarun menganggap dirinya memperoleh harta itu karena kemampuan (ilmu) yang dimilikinya. Hal itu tampak dari pernyataannya yang termaktub dalam surah Al-Qashash [28]: 78. ''Qarun berkata: "Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku.''

Menurut para mufassir (ahli tafsir), Qarun ke luar dalam satu iring-iringan yang lengkap dengan pengawal, hamba sahaya, dan inang pengasuh untuk memperlihatkan kemegahannya kepada kaumnya. ''Maka, keluarlah Qarun kepada kaumnya dalam kemegahannya.'' (Al-Qashash [28]: 79).
Quote:
Menurut sejumlah riwayat, ketika Qarun memamerkan harta kekayaannya, ia menggunakan pakaian yang sangat mewah, jumlah harta benda yang dibawanya harus diangkut oleh 60 ekor unta, dengan didampingi sebanyak 600 orang pelayan yang terdiri atas 300 laki-laki dan 3000 orang perempuan. Saat itu, Qarun juga dikawal sebanyak 4000 orang dan diiringi oleh sebanyak 4000 binatang yang ternak yang sehat.
Karena kemegahan dan keindahan pakaian yang dimiliki Qarun, orang-orang yang menyaksikannya, juga menginginkan kekayaan seperti yang dimiliki Qarun.''Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: ''Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar.'' (QS 28:79).

Menurut beberapa riwayat, sebelumnya Qarun adalah seorang hamba yang saleh dan miskin. Ia memohon kepada Nabi Musa untuk mendoakannya agar dirinya memiliki sejumlah harta. Dan, doa itu dikabulkan, hingga dirinya menjadi kaya raya. Namun, menurut sejumlah riwayat pula, azab ditenggelamkannya Qarun, juga karena doanya Nabi Musa yang dikabulkan Allah, akibat Qarun tidak mau bersyukur dalam malah menyombongkan diri. Ia juga tak mau menyedekahkan hartanya dan tidak mau mengeluarkan zakat untuk membantu orang-orang yang miskin yang ada di sekitarnya.

Kesombongan Qarun itu tampak ketika ia mengatakan bahwa harta yang diperolehnya karena ilmu yang dimilikinya (QS:28:78).Karena kesombongannya itulah, Allah mengazabnya dengan ditenggelamkannya Qarun ke dalam perut bumi. ''Maka Kami benamkanlah Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golongan pun yang menolongnya terhadap azab Allah. Dan tiadalah ia termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya). (QS 28:81).
Quote:
''Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.'' (QS Al-Ankabut [29]: 40).
Rasulullah SAW bersabda : ''Tatkala seseorang mengulurkan kainnya ke bawah (karena sombong), tiba-tiba ia terbenam ke dalam tanah dan terperosok ke dalam perut bumi hingga hari kiamat.'' (HR Bukhari).

Danau Qarun

Di manakah lokasi ditenggelamkannya Qarun tersebut? Mengapa banyak orang menganggap bila mereka menemukan harta terpendam selalu mengatakan dengan sebutan harta karun? Benarkah ia harta karun?


Quote:
Menurut beberapa riwayat, lokasi tempat ditenggelamkannya Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi itu terjadi di daerah Al-Fayyum, sekitar 90 kilometer (km) atau dua jam perjalanan dengan menggunakan mobil dari Kairo, ibu kota Mesir. Menurut penduduk setempat, nama danau itu adalah Bahirah Qarun (laut Qarun). Di sekitar Al-Fayyum ini yang tersisa hanya berupa puing-puing istana Qarun.
Di lokasi ini, terdapat sebuah danau yang sangat luas. Panjang danau mencapai 30 km dengan lebar danau sekitar 10 km dan kedalaman mencapai 30-40 meter.Menurut DR Rusydi al-Badrawy, dalam bukunya Qashash al-Anbiya' wa al-Tarikh (Kisah Para Nabi dan Sejarahnya), Bahirah Qarun ini dulu pernah dilakukan penelitian oleh ahli Geologi dari Eropa Barat. Penelitian difokuskan untuk membuktikan, apakah di lokasi tersebut pernah terjadi sebuah bencana berupa gempa hingga menenggelamkan Qarun beserta rumahnya, seperti diungkapkan dalam Alquran.

Hasilnya? Setelah melalui pengkajian yang komprehensif, tulis Rusydi al-Badrawy, para peneliti dari Eropa itu berkesimpulan bahwa di zaman dahulu kala, benar di lokasi itu pernah terjadi bencana berupa gempa bumi yang sangat besar, terutama di bagian sebelah selatan danau Qarun.''Ini membuktikan bahwa kisah Qarun pernah terjadi di sekitar danau tersebut,'' tulis Rusydi. Dan, menurut penduduk Mesir, di Al-Fayyum ini dulunya Qarun tinggal.
Quote:

Kini, danau Qarun tampak tenang. Meski di baliknya menyimpan sebuah pelajaran yang sangat berarti bagi umat manusia. Yakni, kesombongan dapat membinasakan dirinya, sebagaimana yang terjadi pada Qarun.Rusydi menjelaskan, danau ini sudah ada sejak dahulu sebelum Qarun ada. Danau tersebut dulunya merupakan sebuah danau kecil yang disebut dengan Munkhafazh al-Laahun.

Tentu saja masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam di lokasi ini mengenai ditenggelamkannya Qarun. Sebab, bila di situ benar tempat Qarun ditenggelamkan bersama hartanya, tentunya akan ditemukan sejumlah harta kekayaan Qarun yang banyak itu.

Gara Gara HANTU TOILET Sekolah Ditutup


Masyarakat sekitar sudah beberapa kali melakukan berbagai ritual, termasuk voodoo untuk mengusir hantu tersebut.
Quote:
Sebuah sekolah yang terletak di daerah Pabna, Bangladesh dikabarkan ditutup karena adanya berita mengenai hantu toilet pascakematian salah satu siswi di Chatmohar Upazila. Dilansir dari thedailystar.net, Senin (27/7), masyarakat sekitar sudah beberapa kali melakukan berbagai ritual, termasuk voodoo untuk mengusir hantu tersebut.
Berita lain yang beredar bahwa salah seorang siswi kelas 5 bernama Rumi Khatun merasa tidak enak badan setelah memasuki toilet tersebut. Dan hal itu dilontarkan oleh kepala sekolahnya langsung. Setelah itu ada 10 siswa lain yang juga tiba-tiba merasa tidak enak badan setiap kali mendekati lokasi toilet.
"Berita hantu toilet ini berkembang cukup pesat dan menyebabkan para siswi mulai enggan untuk kembali masuk sekolah dan sejak itulah kemudian sekolah ditutup," ujar Md Rafikul Islam, kepala sekolah.

Dan untuk saat ini sendiri beberapa pihak yang berwenang beserta masyarakat akan mengusahakan cara bagaimana agar berita hantu tersebut segera berakhir dengan cara mengusir si hantu tersebut.
previous home