Misteri HEWAN Pemakan MIMPI - Munsypedia

Misteri HEWAN Pemakan MIMPI

Ketika seorang anak di Jepang terbangun gemetar dari mimpi buruk, dia tahu apa yang harus dilakukan. Memeluk wajahnya di bantal, dia berbisik tiga kali. “Baku-san, datang makan mimpi saya.” Jika permintaannya dikabulkan, baku yang mengerikan akan datang ke kamarnya dan menghisap mimpi buruk hingga lenyap. Tapi baku tidak dapat dipanggil tanpa kehati-hatian. Sesosok baku yang terlalu lapar mungkin tidak kenyang dengan sebuah mimpi saja, dan mungkin akan menghisap juga harapan dan ambisi anak itu, meninggalkannya dalam keadaan kosong.


Baku adalah chimera klasik; tubuh seekor beruang, hidung seekor gajah, kaki seekor harimau, ekor seekor lembu, dan mata seekor badak. Sebuah legenda mengatakan bahwa ketika para dewa selesai menciptakan binatang, mereka mengambil sisa-sisa yang tergeletak dan menempelkan semua bagian itu untuk membuat baku.

Menurut legenda Jepang, baku adalah pemakan mimpi buruk. Mereka adalah tokoh talisman, dimana orang-orang berdoa pada malam hari padanya untuk datang dan mengisap mimpi buruk sehingga mereka tidak bisa dilihat lagi. Tetapi ada sisi gelap untuk baku tersebut; beberapa orang mengatakan bahwa baku memakan semua mimpi, tidak hanya mimpi buruk. Ini termasuk mimpi aspirasi, mimpi masa depan anda, dan mimpi harapan.


Baku menyerupai tapir Asia yang diberi sentuhan gaya. Dan pada kenyataannya, dalam bahasa Jepang mereka berbagi nama dan kanji yang sama. Baku tidak sendirian dalam hal ini; kata kirin ternyata tidak hanya merupakan bahasa Jepang untuk jerapah tetapi juga raksasa dalam mitos Cina.

Apa yang datang pertama, legenda atau binatang tersembunyi di masa lalu, dengan tidak ada kesepakatan yang kuat di kedua sisi. Banyak yang mengatakan bahwa keduanya tidak berhubungan, dan bahwa penampilan serupa adalah murni kebetulan, dengan hewan itu diberi nama yang sama dengan legenda tersebut. Ada yang bilang beberapa pelaut yang gemar bertualang pergi ke Malaysia, dan kembali dengan cerita-cerita dari makhluk raksasa yang diubah oleh legenda.

Apapun itu, dalam bukunya Ancient Chinese Gods and Beasts yang menyebutkan bahwa legenda itu telah sangat tua, profesor dari Kyoto University Hayashi Minao menunjukkan perlengkapan perunggu kuno dan artefak lainnya yang terpatri gambar dari mitos baku. Dia mendalilkan bahwa makhluk seperti tapir Asia mungkin telah ada di Cina sejak lama, tapi telah lama pula punah.


Baku sering disalahartikan dengan hewan legendaris Cina lainnya, hakutaku (disebut ze bai dalam bahasa Cina). Bahkan, di kuil Gobyakukan-ji di Tokyo, ada sebuah patung yang disebut Baku King, yang sebenarnya adalah patung hakutaku.

1 Komentar untuk "Misteri HEWAN Pemakan MIMPI"

Hari ini adalah hari yang cerah untukmu...

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel