10 Fakta UNIK Pembuat SENAPAN AK 47 Mikhail Kalashnikov - Munsypedia

10 Fakta UNIK Pembuat SENAPAN AK 47 Mikhail Kalashnikov

Mikhail KalashnikovUn1x Project | Mikhail Kalashnikov, pencipta senapan AK 47 telah tiada. Ia meninggal Senin, 23/12/13 di Rusia pada usia 94 tahun. Namanya memang lekat dengan senapan ciptaannya, Avtomat Kalashnikova 1947 atau AK-47. Dan berikut 10 fakta unik tentang Mikhail Kalashnikov:

1. Komandan Tank
Mikhail Kalashnikov selama Perang Dunia II sejatinya adalah seorang Komandan Tank. Namun ia memulai karir sebagai desainer senjata setelah cidera bahu pada pertempuran Bryansk.

2. Senapan Standar Militer Rusia
AK-47 diproduksi pertama tahun 1947 dan membuat Mikhail Kalashnikov diganjar award Stalin Prize dan Order of the Red Star dari pemerintah Rusia. Sejak tahun 1949, AK-47 jadi senapan standar militer Rusia.

3. Simbol Jenius Kreatif
Daya tahan, biaya produksi rendah, mudah digunakan, anti macet meski basah dan berpasir, adalah sedikit kelebihan dari AK-47. Berkat masterpiece-nya Mikhail Kalashnikov dijuluki ‘simbol jenius kreatif’ orang Rusia.

4. Masuk Rekor Dunia
AK-47 tercatat dalam Guinness Book of Record sebagai salah satu senjata yang banyak dipakai di dunia. Senapan ini tersebar di seluruh penjuru dunia lebih dari 100 juta unit.

5. Senapan Pasukan Elit
Di 106 negara dari Afghanistas hingga Zimbabwe, pasukan khusus dan militer menggunakan AK-47 sebagai salah satu senapan utama.

6. Tewaskan 250 Ribu Orang per Tahun
Senada dengan populernya AK-47 maka jumlah ‘korban’ tewas akibat senapan ini jumlahnya tidak sedikit. Diperkirakan ada seperempat juta orang mati tertembus peluru AK-47 setiap tahun.

7. ‘Menyesal’
Mikhail Kalashnikov pernah menyalahkan diri sendiri akan ciptaannya. AK-47 hanya untuk perlindungan namun telah tumpahkan banyak darah. Tahun 2007 ia pernah bertutur, “Ini salah politisi yang gagal mencapai kesepakatan.”

8. Lisensi 30 Negara
Rusia tak hanya distribusikan AK-47 namun juga miliki lisensi pada 30 negara termasuk China, Israel, India, Mesir, serta Nigeria.

9. Harga Murah Kualitas 'Wah'
Harga rata-rata global senapan serbu diperkirakan USD 534 di tahun 2005. Sedangkan harga rata-rata AK-47 hanya sekitar USD 200 per unitnya.

10. Koin
Sebagai dedikasi atas mahakarya Mikhail Kalashnikov, tak hanya di tanah airnya, di negeri damai nan jauh dari Rusia, Selandia Baru, namanya diabadikan dalam bentuk uang koin (logam) dengan kurs 2 dollar. Dedikasi ini bertepatan dengan hari ulang tahun ke-60 AK-47.



1 Komentar untuk "10 Fakta UNIK Pembuat SENAPAN AK 47 Mikhail Kalashnikov"

  1. Jago sekali beliau ini bisa menciptakan senapan yang memang benar hebat dan juga dipakai di Indonesia

    BalasHapus

Hari ini adalah hari yang cerah untukmu...

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel