Sejarah Tanggal 20 Juli Di Dunia - Munsypedia

Sejarah Tanggal 20 Juli Di Dunia

    1304 - Perang Kemerdekaan Skotlandia: Penaklukan Kastil Stirling - Raja Edward I dari Inggris berhasil menaklukan para pemberontak.
    1402 - Peperangan Utsmaniyah-Timurid: Pertempuran Ankara - Timur, penguasa Kekaisaran Timurid, mengalahkan pasukan Sultan Bayezid I dari Kekaisaran Utsmaniyah.
    1738 - Amerika Utara: penjelajah asal Perancis Pierre Gaultier de Varennes et de la Vérendrye mencapai pesisir Barat Danau Michigan.
    1833 - Sebuah kerusuhan anti-Mormon di Independence, Missouri mengakibatkan hancurnya mesin cetak untuk buku Book of Commandments, yang kini menjadi salah satu buku paling berharga dari abad ke-19.
    1861 - Perang Saudara Amerika Serikat: Kongres Negara-negara Konfederasi Amerika Serikat dimulai di Richmond, Virginia.
    1864 - Perang Saudara Amerika Serikat: Pertempuran Peachtree Creek - di dekat Atlanta, Georgia, pasukan Konfederasi yang dipimpin oleh Jendral John Bell Hood melakukan penyerangan terhadap pasukan Union yang di bawah Jendral William T. Sherman, namun gagal mengalahkannya.
    1866 - Perang Austro-Prusia: Pertempuran Lissa - Angkatan Laut Austria , dipimpin oleh Admiral Wilhelm von Tegetthoff, mengalahkan Angkatan Laut Italia di dekat pulau Vis di Laut Adriatis
    1871 - British Columbia bergabung dengan konfederasi Kanada.
    1872 - Kantor Paten Amerika Serikat memberikan paten pertama untuk penemuan telegrafi nirkabel kepada Mahlon Loomis.
    1877 - Kerusuhan di Baltimore, Maryland yang dilakukan oleh pekerja Baltimore and Ohio Railroad berhasil dilumpuhkan oleh milisi negara. Sembilan orang tewas dalam kerusuhan tersebut.
    1881 - Perang Indian: Kepala Suku Sioux Sitting Bull menyerah kepada tentara Amerika Serikat di Fort Buford, North Dakota.
    1885 - The Football Association melegalisasikan profesionalisme dalam sepak bola di bawah tekanan British Football Association.
    1894 - Pasukan yang dikirim oleh Grover Cleveland ke Chicago untuk menumpas Pullman Strike dipanggil kembali.
    1903 - Ford Motor Company menjual mobil pertamanya.
    1907 - Sebuah kecelakaan kereta di Pere Marquette Railroad dekat Salem, Michigan membunuh 30 orang dan mencederai 70 orang lainnya.
    1913 - Paguyuban Pasundan didirikan di Jakarta, sebagai organisasi budaya Sunda
    1916 - Perang Dunia I: Di Armedia, Tentara Russia berhasil menguasai Gumiskhanek.
    1916 - Pemain kriket Amerika Serikat John Barton King bermain terakhir kali untuk timnya, Philadelphian cricket team.
    1917 - Perang Dunia I: Deklarasi Korfu ditandatangani oleh komite Yugoslav dan Kerajaan Serbia.
    1918 - Perang Dunia I: Pasukan Jerman melintasi Marne.
    1921 - LBB memberikan mandat Togoland kepada Perancis dan Tanganyika kepada Britania Raya.
    1926 - Sebuah konvensi Gereja Metodhis mengadakan pemungutan suara untuk memutuskan apakah wanita diperbolehkan menjadi pendeta.
    1928 - Pemerintah Hunggaria mengeluarkan kebijakan yang memerintahkan Gipsi untuk mengakhiri cara hidupnya yang nomadik, tinggal dan menetap di sebuah tempat, dan mengakui hukum dan membayar pajak seperti orang Hunggaria lainnya.
    1929 - Pasukan Soviet bersiap untuk melintasi Sungai Amur menuju Manchuria di dekat Blagoveschensk akibat munculnya ketegangan antara Uni Soviet dan Republik Tiongkok.
    1932 - Di Washington, D.C., polisi menembakkan gas air mata kepada para veteran Perang Dunia I yang menjadi bagian dalam Bonus Expeditionary Force, yang bermaksud berbaris menuju Gedung Putih.
    1932 - Rakyat Bolivia dan Paraguay menuntut pemerintah mereka masing-masing untuk mendeklarasikan perang satu sama lain setelah terjadi pertempuran berdarah di daerah perbatasan kedua negara tersebut.
    1933 - Di London, 500.000 orang berbaris menentang anti-Semitisme.
    1933 - Jerman: Dua ratus pedagang Yahudi ditangkap di Nuremberg dan diarak di jalanan.
    1935 - Switzerland: Sebuah kapal Royal Dutch Airlines dengan tujuan Frankfurt jatuh di sebuah gunung di Swiss, mengakibatkan tiga belas orang tewas.
    1935 - Kerusuhan antara Muslim dan kaum Sikh di sebuah masjid di Lahore, India mengakibatkan tewasnya sebelas orang.
    1936 - Konvensi Montreus ditandatangani di Switzerland.
    1937 - Dua orang berkulit hitam tersangka penusukan seorang polisi diculik massa dari penjara di Tallahassee, Florida dan dikeroyok.
    1938 - Departemen Kehakiman AS memperkarakan di kota New York melawan industri perfilman menuntut mereka atas tuduhan pelanggaran hukum antitrust. Kasus tersebut menghasilkan perpecahan dalam industri tahun 1948.
    1940 - Denmark keluar dari LBB.
    1940 - Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt menandatangani Hatch Act yang membatasi aktvitas politik seluruh pegawai negeri Federal.
    1941 - Pemimpin Soviet Joseph Stalin mengonsolidasi Komisaris Dalam Negeri dan Pertahanan Nasional untuk membentuk NKVD dan menunjuk Lavrenti Beria sebagai ketuanya.
    1942 - Perang Dunia II: Tentara Pasukan Merah menguasai jembatan yang melintasi Sungai Don di dekat Voronezh.
    1942 - Perang Dunia II: Unit pertama Korps Pasukan Wanita memulai pelatihan di Des Moines, Iowa.
    1942 - Perang Dunia II: Tentara AS dan Kanadia menyerang Enna di Sisilia.
    1944 - Perang Dunia II: Adolf Hitler selamat dari percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh Kolonel Pasukan Jerman Claus von Stauffenberg.
    1944 - Perang Dunia II: Tentara Amerika Serikat mendarat di Guam dekat Pelabuhan Apra.
    1944 - Perang Dunia II: Lima puluh orang terluka dalam kerusuhan di depan istana presiden di Mexico City.
    1945 - Kongres Amerika Serikat menyetujui Perjanjian Bretton Woods.
    1946- Perang Dunia II: Komite Pearl Harbor Kongres Amerika Serikat menyatakan bahwa Franklin D. Roosevelt tidak bersalah atas kasus penyerangan terhadap Pearl Harbor.
    1947 - Polisi di Burma menahan mantan Perdana Menteri U Saw dan 19 orang lainnya dengan tuduhan pembunuhan terhadap Perdana Menteri U Aung San dan tujuh anggota kabinetnya.
    1948 - Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman mengadakan wajib militer di Amerika Serikat sehingga memunculkan ketegangan antara AS dengan Uni Soviet.
    1949 - Israel dan Suriah menandatangani perjanjian gencatan senjata untuk mengakhiri perang sembilan belas-bulan di antara mereka.
    1951 - Raja Abdullah I dari Yordania dibunuh oleh orang Palestina ketika sedang melakukan salat Jumat di Yerrusalem.
    1954 - Jerman: Otto John, pemimpin agen rahasia Jerman Barat, berkhianat dan berpihak kepada Jerman Timur.
    1958 - Dua puluh enam orang tewas akibat sebuah ledakan di markas militer dekat Kokin Breg, Yugoslavia.
    1959 - Spanyol bergabung dengan Organization for European Economic Cooperation.
    1960 – Sirimavo Bandaranaike terpilih sebagai Perdana Menteri Sri Lanka, dan menjadi kepala pemerintahan wanita pertama di dunia.
    1960 - Misil Polaris berhasil diluncurkan dari kapal selam USS George Washington untuk pertama kalinya.
    1960 - Dekan Fakultas Fisika Institut Teknologi Israel, Kurt Sitte, ditangkap atas tuduhan spionase.
    1961 - Pasukan militer perancis berhasil mematahkan serangan Tunisia di Bizerte.
    1962 - Gempa bumi di Kolombia, 40 orang tewas.
    1964 - Perang Vietnam: Vietkong menyerang ibukota Dinh Tuong Province, Cai Be, membunuh 11 personel militer Vietnam Selatan dan 40 sipil (30 di antaranya adalah anak-anak).
    1965 - Perdana Menteri Turki Suat Hayri Urguplu kembali dari kunjungan di Moskwa dan mengumumkan bahwa Uni Soviet akan memberikan bantuan kepada negaranya.
    1969 – Apollo 11 mendarat di Bulan; Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menjejakkan kaki di Bulan.
    1969 - Kontak senjata antara Honduras dan El Salvador, 6 hari setelah dimulainya "Football War".
    1971 - Presiden Richard M. Nixon mengatakan kepada Taiwan kalau Amerika akan terus menjual persenjataannya.
    1971 - Uni Soviet mengatakan akan mendukung Republik Rakyat Tiongkok dalam pemasukannya ke PBB.
    1973 - Senat Amerika meloloskan War Powers Act
    1973 - Perang Vietnam: Dalam kesaksian oleh Asisten Menhan Jerry Friedheim ke Komite Senat AS dalam Dinas Bersenjata, Departemen Pertahanan AS mengakui kebohongan dalam pemboman ke Kaboja.
    1973 - Tujuhpuluh-tiga pejabat pemerintahan dan perwira militer ditahan dengan tuduhan konspirasi untuk mengkudeta pemerintahan Yunani.
    1973 - Teroris Palestina membajak sebuah pesawat jet maskapai penerbangan Jepang tujuan Amsterdam ke Jepang dan dipaksa untuk mendarat di Dubai.
    1973 - Jaringan radio pertama yang dimiliki oleh orang kulit hitam yang mencakup pesisir ke pesisir: National Black Network (NBN) memulai operasionalnya.
    1974 - Pendudukan Turki ke Cyprus : Pasukan dari Turki menginvasi Cyprus setelah kudeta, yang diorganisir oleh diktator Yunani, melawan presiden Makarios. Majelis NATO meminta Amerika Serikat dan Inggris untuk menyelesaikan permasalahan ini. Syria dan Mesir mensiagakan pasukannya.
    1975 - India menolak tiga reporter dari The Times, The Daily Telegraph, dan Newsweek karena mereka menolak menandatangani pakta untuk mengikuti hukum sensor pemertintah.
    1976 - Pendaratan Viking 1 berlangsung sukses di Mars.
    1976 - Perang Vietnam: Pasukan Amerika menyelesaikan penarikan mundur dari Thailand.
    1977 - Johnstown terkena serangan banjir mendadak yang menewaskan 80 orang dan menimbulkan kerugian sebesar $350 juta.
    1977 - Central Intelligence Agency menerbitkan dokumen yang berdasarkan Undang-Undang kebebasan Informasi mengungkapkan adanya pelaksanaan eksperimen pengontrolan pikiran.
    1980 - Dewan Keamanan PBB memutuskan suara 14 lawan 0 dimana negara anggota tidak mengakui Jerusalem sebagai ibukota Israel.
    1982 - Pemboman Hyde park dan Regen park: Anggota IRA meledakan dua bom di Hyde Park dan Regen Park di tengah London, membunuh delapan prajurit, dan menyebabkan kematian tujuh kuda.
    1983 - Kabinet Israel memvoting untuk menarik mundur pasukan dari Beirut tetapi tetap berada di selatan Libanon.
    1984 - Kepanitian Miss Amerika meminta Vanessa Lynn William untuk keluar dari kompetisi setelah majalah Penthouse menerbitkan foto bugil dirinya.
    1985 - Pemerintah Aruba meloloskan legislasi untuk melepaskan diri dari Antila Belnda
    1986 - Di Afrika Selatan, polisi menembakkan gas air mata ke gereja keluarga yang ada dibawah dekrit darurat pemerintah.
    1986 - Di Cambridge, Gerald Amirault dari Fells Acres Day Care Center didakwa atas pelecehan seksual terhadap sembilan anak.
    1998 - Awal kegiatan belajar-mengajar tahun ajaran 1998/1999 di Indonesia.

Kelahiran

    1975 - Juna Rorimpandey, juru masak Indonesia.

Meninggal

    1877 - Hamengkubuwana VI, raja Kesultanan Yogyakarta (l. 1821).
    1973 - Mochtar Embut, pemusik dan komponis musik Indonesia.
    1973 - Bruce lee, Aktor bela diri china

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Tanggal 20 Juli Di Dunia"

Posting Komentar

Hari ini adalah hari yang cerah untukmu...

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel